PENYULUHAN NARKOBA SEBAGAI UPAYA PREVENTIF REMAJA TOLAK NARKOBA SEBAGAI BENTUK PELAKSANAAN PROYEK MATA KULIAH WAJIB KURIKULUM
-DRUG COUNSELING AS A PREVENTIVE EFFORTS FOR TEENAGERS TO REJECT DRUGS AS A FORM OF IMPLEMENTATION OF A COMPULSORY COURSE PROJECT IN THE CURRICULUM
DOI:
https://doi.org/10.53599/jap.v3i1.305Abstract
Abstrak
Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja berpotensi menyebabkan kerusakan dalam aspek pendidikan, kehidupan sosial, kesehatan, hingga masa depan mereka. Tujuan dari pelaksaan kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada siswa tentang bahaya narkoba, meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya narkoba, hukum dan sanksi penggunan narkoba supaya bisa membentuk sikap dari siswa untuk menghindari narkoba, serta tim pengabmas mampu menerapkan proyek mata kuliah wajib kurikulum di STIKES Pamenang. Metode kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 November 2024 pukul 08.00 sampai dengan selesai, tempat pelaksanaan diselenggarakan di MTS Zainul Hassan. Sasaran adalah siswa siswi kelas 7 sebanyak 52. Metode yang digunakan adalah metode ceramah interaktif, tanya jawab,kemudian diakhiri dengan edu games. Media yang digunakan adalah Power point, leafelt, X Banner. Hasil dari kegiatan ini yaitu kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan ini sejumlah 98%. Pengetahuan siswa tentang bahaya narkoba kategori baik dengan rata-rata prosentase 80% dari beberapa indikator, mampu meningkatkan motivasi siswa untuk menghindari narkoba. Pelaksanaan kegiatan ini secara garis besar berjalan dengan lancar.
Kata kunci : Narkoba, Penyuluhan, Preventif, Remaja
Abstract
Drug abuse among adolescents has the potential to cause damage in terms of education, social life, health, and their future. The purpose of implementing this activity is to provide education to students about the dangers of drugs, increase students' knowledge about the dangers of drugs, laws and sanctions for drug use in order to shape students' attitudes to avoid drugs, and the community service team is able to implement compulsory curriculum course projects at STIKES Pamenang. The method of this activity was carried out on November 2, 2024 at 08.00 until finished, the location of the implementation was held at MTS Zainul Hassan. The target is 52 students in grade 7. The method used is the interactive lecture method, questions and answers, then ending with edu games. The media used are Power point, leaflets, X Banners. The results of this activity are that student attendance in participating in this activity is 98%. Students' knowledge about the dangers of drugs is in the good category with an average percentage of 80% from several indicators, able to increase students' motivation to avoid drugs. The implementation of this activity generally went smoothly.
Keywords:Drugs,Counseling,Preventive,Teenagers
References
Badan Narkotika Nasional. (2020). Laporan Kajian Sistem Peradilan Pidana Narkotika.
Fatoni, A. Andriani, R, Umalihayati, Hanifatunnufus, F, Qoyimah, Herdiyansah, D. Trsina, M.(2024). Upaya Mencegah Tindakan kekerasan Remaja dengan Peringatan bahaya Narkoba dan Perundungan dalam proyek penguatan profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Cinangka. Jurnal hasil kegiatan Kolaborasi Pengabdian masyarakat. Vol.2. No.3. DOI:https://doi.org/10.62383/kolaborasi.v2i3.2020.
Lukman, G. Alifah, Divarianti, A dan Humaedi, S. (2021). Kasus Narkoba di Indonesia dan Upaya Pencegahannya di Kalangan remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Universitas Padjajaran. Vol 2. No 3 Hal 405-417.
Puslidatin, (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Diakses pada 12 Desember 2024 melalui https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/
Sufrianto, Abadi E. Dan Demmawela. (2020). Penyuluhan Metode Ceramah dapat meningkatkan pengetahuan tentang HIV-AIDS di Desa Kondowa kabupaten Button. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes. Volume 1. No 04.
Tiana, Asna. Krissandi, Adan Sarwi, M. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media game Quizizz pada mata pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 2.No 6.
Widiastuti, H., & Subekti, E. (2021). Problematıka Pembelajaran Darıng di Masa Pandemı Covıd-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 226-234
Wulandari, Apri Nur. 2023. Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan C-E-R-D-I-K Menggunakan Media Slide Power Point Dan Leaflet Tentang pencegahan Hipertensi. Junral Pengabdian Masyarakat Wahana Usada. Vol 5. No 1. DOI: https://doj.org/10.47859/wuj.v5i1.324.