PERAN INSTALASI GAWAT DARURAT DAN FUNGSI TRIAGE DI INSTALASI GAWAT DARURAT

THE ROLE OF THE EMERGENCY DEPARTMENT AND THE TRIAGE FUNCTION IN THE EMERGENCY DEPARTMENT

Authors

  • Baitus Sholehah Universitas Nurul Jadid
  • Adelya Salsabilah Nurramadhani Universitas Nurul Jadid
  • Arika Azizah Universitas Nurul Jadid
  • Adila Qotrunada Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.53599/jap.v3i1.290

Keywords:

IGD, Keluarga Pasien, Pengetahuan, Triage.

Abstract

Abstrak  

Triage sangat penting dalam mengidentifikasi berat dan ringannya keadaan pasien untuk dilakukan prioritas penganganan oleh perawat triage. Beberapa pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dilakukan triage dan diberikan tindakan sesuai dengan katagori triage yang telah ditetapkan kepada pasien. Kurangnya pengetahuan keluaga pasien yang menemani pasien saat masuk ke IGD menginginkan pasien diberikan tindakan segera tanpa mengetahui skala prioritas triage yang berlaku di IGD, dalam hal ini sering terjadi kesalahpahaman terkait tindakan yang tidak segera dilakukan oleh perawat kepada pasien. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada keluarga pasien tentang sistem triage yang ada di IGD Rumah Sakit. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyaraat ini yaitu memberikan edukasi system triage dan melakukan wawancara mendalam terkait dengan pengetahuan kepada keluarga pasien tentang system triage di IGD dengan melibatkan keluarga pasien. Hasil pengabdian memberikan pengetahuan yang baik kepada keluarga pasien tentang system triage yang ada di IGD dan memahami skala prioritas tindakan yang dilakukan oleh perawat kepada pasien dari pasien yang mengancam nyawa sampai pasien yang bisa ditunda tindakannya.

 

Kata kunci: IGD, Keluarga Pasien, Pengetahuan, Triage.

 

Abstract  

Triage is very important in identifying the severity and severity of the patient's condition and treatment priorities and triage nurses must be able to carry out response times quickly, namely <10 minutes, but in some cases there are many cases where patients come to the emergency room. must get help as soon as possible without knowing the triage categorization system carried out in the hospital emergency room. Objective: The aim of carrying out this activity is to provide education to the patient's family about how to identify life-threatening conditions and to determine the level of emergency category that requires immediate priority treatment. Method: The method used in this community service activity is providing education and conducting in-depth interviews regarding knowledge to the families of patients in the emergency department about the role of the Emergency Department (ED) and the triage function in the emergency department. Results: The results of this service can provide good knowledge regarding the function of the ED and the triage system in the ED, so that you understand the actions taken by nurses.

 Keywords : Emergency Dapertement, Patient Family,  Knowledge, Triage

References

Alkhusari et al. (2024) ‘Health Education Triage Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pasien Dan Keluarga Pasien’, Ukhuwah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 01–05. Available at: https://doi.org/10.52395/ujpkm.v2i1.420.

Amaral, T.M. and Costa, A.P.C. (2014) ‘Improving decision-making and management of hospital resources: An application of the PROMETHEE II method in an Emergency Department’, Operations Research for Health Care, 3(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1016/j.orhc.2013.10.002.

Anggraini, D. and Febrianti, A. (2020) ‘Response time dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di unit gawat darurat rumah sakit Dr. A. K .Gani Palembang’, In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan, 6(1), pp. 202–206.

Harahap, L.A., Syarif, H. and Amni, R. (2022) ‘Hubungan Respons time Perawat dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Triase Merah.’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 6(2), pp. 13–18.

Merliyanti, R., Meilando, R. and Agustiani, S. (2024) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Keluarga Pasien Di IGD’, Global Health Science Group, 6(1), pp. 227–236.

Mustafa, I.N., Dewi, W.N. and Elita, V. (2022) ‘Knowledge Of Patient’s Family About The Implementation of Triage In The Emergency Department’, Media Keperawatan Indonesia, 5(2), p. 110. Available at: https://doi.org/10.26714/mki.5.2.2022.110-116.

Rochana, N., Morphet, J. and Plummer, V. (2016) ‘Triage process in Emergency Departments: an Indonesian Study’, Nurse Media Journal of Nursing, 6(1), pp. 37–46. Available at: https://doi.org/10.14710/nmjn.v6i1.11819.

Sulistyono, Y. (2016) ‘Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS’, Jurnal VARIDIKA, 27(2), pp. 208–215. Available at: https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402.

Swarjana, I.K. (2012) Metode Penelitian Kesehatan: Tuntunan praktis pembuatan proposal penelitian. Makassar: Perpustakaan PPS UNHAS, Makassar.

Wahyuningsih, I. and Putri WafaPradita, A. (2024) ‘Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Penggunaan Triage di RS Tipe B Kota Malang’, Profesional Health Journal, 5(2), pp. 671–679.

Downloads

Published

06-01-2025