PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENTINGNYA SARAPAN PAGI DAN KEBUTUHAN GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA BALITA USIA 3-5 TAHUN DENGAN MEDIA LEAFLET

HEALTH EDUCATION ON THE IMPORTANCE OF BREAKFAST AND NUTRITIONAL NEEDS FOR GROSS MOTOR DEVELOPMENT IN TODDLERS AGED 3-5 YEARS USING LEAFLET MEDIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53599/jap.v3i1.278

Keywords:

Gizi, Balita, Motorik Kasar

Abstract

Abstrak  

Permasalahan gizi di Indonesia sangat banyak sekali salah satunya yaitu kekurangan gizi. Kekurangan gizi yaitu kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi oleh seseorang sehingga menyebabkan ketidakstabilan fungsi tubuh kita salah satunya yaitu motorik kasar. Perkembangan motorik kasar adalah gerakan yang dipengaruhi dan dikendalikan oleh otot – otot besar (tangan dan kaki) yang terkoordinasi oleh pusat syaraf manusia.  Anak prasekolah adalah anak yang berusia 3 sampai 5 tahun yang mempunyai berbagai macam potensi. Potensi-potensi itu dirangsang dan dikembangkan agar pribadi anak tesebut berkembang secara optimal. Tujuan dari kegiatan ini diharapakan  ada peningkatan pengetahuan pada balita usia 3-5 tahun terkait sarapan pagi dan isi piringku sehingga menyadari pentingnya memenuhi kebutuhan gizi untuk perkembangan motorik kasar saat ini. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024. Dari 54 siswa yang hadir, semuanya memperhatikan dan aktif dalam kegiatan. Pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan menyampaikan materi dengan menggunakan media leaflet. Di akhir kegiatan, peserta diberi pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan tentang pentingnya sarapan pagi dan kebutuhan gizi melalui isi piringku dan  perkembangan motorik kasar.

 

Kata kunci : Gizi, Balita, Motorik Kasar

 

Abstract

There are many nutritional problems in Indonesia, one of which is malnutrition. Malnutrition is a lack of nutritional intake consumed by a person, which causes instability in our body functions, including gross motor skills. Gross motor development is a movement influenced and controlled by large muscles (hands and feet) coordinated by the human nervous system. Preschoolers are children aged 3 to 5 years who have various potentials. These potentials are stimulated and developed so that the child's personality develops optimally. The purpose of this activity is to increase knowledge in toddlers aged 3-5 years regarding breakfast and the contents of my plate so that they realize the importance of meeting nutritional needs for gross motor development today. The activity was carried out in August 2024. Of the 54 students who attended, all of them paid attention and were active in the activity. Implementation of health education by delivering material using leaflet media. At the end of the activity, participants were given questions to find out knowledge about the importance of breakfast and nutritional needs through the contents of my plate and gross motor development.

 

Keywords : Nutrition, Toddler, Gross Motor Skills

References

Doy, E., Ngura, E. T., & Ita, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Stunting Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(1), 136–150. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i1.167

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Permenkes RI No.41 Tahun 2019 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. In Kementerian Kesehatan RI.

Lopes, P., Kusuma, F. H. D., & Putri, R. M. (2018). Hubungan Pola Makan dengan Perkembangan Anak Umur 4-6 Tahun Di TK Sunan Giri Merjosari Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(3), 499–510.

Notoadmodjo, S. (2014). promosi kesehatan dan perilaku. R. C. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku. Rineka Cipta.

Puji Afiatna, & Mulyasari, I. (2022). Tingkat Perkembangan Motorik Kasar dengan Keparahan Stunting (Studi pada Anak Sekolah Dasar). Amerta Nutrition, 6(1SP), 235–242. https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1sp.2022.235-242

Rofiah, R., & Ningrum, M. (2022). Hubungan Asupan Gizi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok a Di Tk Al Hikmah Kebraon. Uneversitas Negeri Surabaya, 1–6.

Rohmah, S. (2022). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah (Vol. 9, Issue 1). Stikes Ahmad Dahlan Cirebon.

Septia, A. (2022). Hubungan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar pada Siswa MTsN 2 Langkat Tahun 2022. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Susanti, F. E. M. (2018). Hubungan Pola Makan Bergizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Margobhakti Kel. Sukosari Kec.Kartoharjo Kota Madiun. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Downloads

Published

06-01-2025