PELATIHAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK DENGAN MENGGUNAKAN FLASHCARD DI SD MATHLA’UL ANWAR, KELURAHAN SUSUKAN, KECAMATAN BOJONGGEDE, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

ENGLISH TRAINING FOR KIDS BY USING FLASHCARDS AT MATHLA'UL ANWAR ELEMENTARY SCHOOL, SUSUKAN VILLAGE, BOJONGGEDE DISTRICT, BOGOR REGENCY, WEST JAVA

Authors

  • Apriliana Pipin STIKes RS Husada
  • Ludovikus
  • Ellynia STIKes RS Husada
  • Martini STIKes RS Husada

DOI:

https://doi.org/10.53599/jap.v1i2.160

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, Flashcard

Abstract

Abstrak  

Pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang merupakan sarana pembinaan dan pengembangan karir serta salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk terbentuknya kesadaran dan pengetahuan keluarga atau orang tua betapa pentingnya Bahasa inggris bagi anak-anak mereka demi masa depan yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode menggunakan metode action research. Kegiatan ini diikuti oleh 33 anak-anak Sekolah Dasar. Setelah penelitian, pengetahuan tentang pengetahuan anak-anak terhadap nama-nama binatang di pre-test memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 15 orang (45,5%) dan hasil post-test memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 25 orang (75,7%). Pengetahuan tentang nama-nama binatang hasil pre-test memiliki pengetahuan yang cukup sebanyak 6 orang (18,1%) dan hasil post-test memiliki pengetahuan cukup sebanyak 8 orang (24,3%) sedangkan Pengetahuan tentang anak-anak tentang binatang dari hasil pre-test memiliki pengetahuan yang kurang sebanyak 12 orang (36,4%) dan hasil post-test dengan indikator kurang tidak ada. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan anak-anak sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan pelatihan Bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard. Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan peserta dalam belajar Bahasa Inggris.

Kata Kunci : Pelatihan Bahasa Inggris, Flashcard

Abstract  

Training is part of education which is a means of coaching and career development as well as one of the efforts to improve the quality of human resources according to job requirements. This community service activity aims to form awareness and knowledge of families or parents how important English is for their children for a better future. This type of research is quantitative with the method of using the action research method. This activity was attended by around 33 elementary school children. After the research, the knowledge of children's knowledge of animal names in the pre-test had good knowledge of 15 people (45.5%) and the results of the post-test had good knowledge of 25 people (75.7%). Knowledge of the names of animals from the pre-test had sufficient knowledge of 6 people (18.1%) and the results of the post-test had sufficient knowledge of 8 people (24.3%) while the knowledge of children about animals from the results the pre-test had less knowledge as many as 12 people (36.4%) and the results of the post-test with less indicators did not exist. These results indicate an increase in children's knowledge before and after English training activities using flashcards. This training activity was very useful and broadened the participants' insight into learning English.

Keywords : English Training, Flashcard

Downloads

Published

08-07-2023