EDUKASI IBU BALITA DALAM PENINGKATAN POLA ASUH DI KELUARGA
MOTHER EDUCATION IN IMPROVING PARENTING IN THE FAMILY
DOI:
https://doi.org/10.53599/jap.v1i2.153Keywords:
Edukasi, Kelas Balita, Pola AsuhAbstract
Abstrak
Stunting dibentuk oleh growth faltering dan catcth up growth yang tidak memadai yang mencerminkan ketidakmampuan untuk mencapai pertumbuhan optimal. Tujuan dilaksanakan kelas balita untuk memberikan edukasi pendidikan untuk pemberdayaan ibu (keluarga) sehingga status kesehatan baik. Sasaran pengabdian kepada masyarakat 30 ibu yang memiliki balita di Desa Cangkring Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dilaksanakan pada Bulan Maret 2023. Metode kegiatan edukasi pendidikan dan buzz group, media buku KIA dan alat ukur pengetahuan ibu tentang pola asuh dengan kuesioner. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat Ibu yang balita yang menjadi sasaran pengabdian masyarakat ini rata-rata berusia 20-35 tahun mencapai 24 orang (80%). Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat melaksanakan kelas balita dengan metode edukasi pendidikan dan Buzz group yang mana dilakukan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya ibu yang memiliki balita dengan media buku KIA. Setelah pelaksanaan kelas ibu balita pengetahuan yang diidentifikasi sebagain besar dalam kategori baik.
Kata kunci : Edukasi, Kelas Balita, Pola Asuh
Abstract
Stunting is formed by growth faltering and inadequate catch-up growth which reflects the inability to achieve optimal growth. The aim of the toddler class is to provide educational education to empower mothers (families) so that their health status is good. The target of community service for 30 mothers with toddlers in Cangkring Village, Pare District, Kediri Regency was carried out in March 2023. Educational and buzz group activity methods, MCH book media and measuring mother's knowledge about parenting with a questionnaire. The results of community service activities Mothers who are toddlers who are the target of this community service are on average 20-35 years old reaching 24 people (80%). Community service activities carry out toddler classes with educational methods and Buzz groups which are carried out for community empowerment, especially mothers who have toddlers with the MCH book media. After the implementation of the mother class, the knowledge identified was mostly in the good category.
Keywords : Education, Toddler Class, Parenting