MOTIVASI BELAJAR MELALUI RELAKSASI PROGRESIF DENGAN IMAGERY DI SMA DHARMA WANITA PARE KABUPATEN KEDIRI

LEARNING MOTIVATION THROUGH PROGRESSIVE RELAXATION WITH IMAGERY AT SMA DHARMA WANITA PARE, KEDIRI DISTRICT

Authors

  • Mohammad Ikhwan Khosasih STIKes Pamenang

DOI:

https://doi.org/10.53599/jap.v1i2.150

Keywords:

Motivasi belajar, siswa SMA Dharma Wanita

Abstract

Abstrak

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menunjang keberlangsungan dari proses belajar. Salah satu penunjang utama adalah adanya motivasi dalam belajar bagi para siswa yang terstruktur dan terkonstruksi dengan baik. Lembaga pendidikan,sebagai wadah tempat berkumpulnya  agen-agen perubahan sosial dalam hal ini adalah siswa dan segala sistem pendukungnya haruslah memiliki prinsip kebersamaan atau kerjasama yang baik antar lembaga. Pembelajaran yang efektif bukan membuat siswa menjadi pusing akan tetapi bagaimana tujuan peambelajaran dapat tercapai dengan mudah dan menyenangkan. Urgensi dari pada motivasi adalah sebagai pendorong, penggerak dan sebagai suatu pengaruh terhadap tujuan. Kegiatan berlangsung tepat sesuai jadwal yang telah kami buat dan tujuan dari pemberian motivasi yaitu meningkatkan semangat belajar pada siswa  di SMA Dharma Wanita Pare. Metode dalam pengabmas ini menggunakan pre motivasi, motivasi dan post motivasi. Hasil motivasi didapatkan siswa mengikuti jalannya pemberian motivasi dengan baik, siswa diberikan feedback tentang tanggungjawab sebagai pelajar, tugas-tugas sebagai pelajar dan rencana masa depan. Hasil observasi post motivasi yang dilaporkan oleh guru kepada BK selama 2 minggu didapatkan semua siswa peserta motivasi yaitu 13 siswa aktif masuk sekolah dan mengikuti mata pelajaran dengan baik.

Kata Kunci : Motivasi belajar, siswa SMA Dharma Wanita

 Abstract

Many factors can influence and support the continuity of the learning process. One of the main supports is the existence of motivation in learning for students who are structured and well constructed. Educational institutions, as a gathering place for agents of social change in this case are students and all their supporting systems must have the principle of togetherness or good cooperation between institutions. Effective learning does not make students dizzy but how learning objectives can be achieved easily and pleasantly. The urgency of motivation is as a driver, driving force and as an influence on goals. The activity took place exactly according to the schedule we had made and the purpose of giving motivation was to increase the enthusiasm for learning for students at SMA Dharma Wanita Pare. The method in this community service uses pre-motivation, motivation and post-motivation. The result of motivation is that students follow the path of giving motivation well, students are given feedback about their responsibilities as students, tasks as students and future plans. The results of the post-motivation observations reported by the teacher to the BK for 2 weeks found that all students participated in the motivation, namely 13 students actively entered school and followed the subjects well.

 Keywords: motivation to learn, Dharma Wanita SMA students

Downloads

Published

08-07-2023