ANALISIS BENTUK LAYANAN HOMECARE YANG DIINGINKAN PASIEN BERDASARKAN KASUS PENYAKIT DI MASA PENDEMI COVID-19

  • christianto nugroho Stikes Pamenang
Keywords: Bentuk Layanan Homecare, Kasus Penyakit, Pasien

Abstract

Homecare merupakan pelayanan kesehatan di rumah yang memberikanĀ  kesempatan bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Faktor kasus penyakit terhadap bentuk layanan homecare masih memerlukan analisis lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kasus penyakit terhadapĀ  bentuk layanan homecare yang diinginkan pasien pada masa pendemi covid-19 di rsud pare, kediri, jawa timur, indonesia.

Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien di RSUD Pare dan sampel penelitian 172 responden dengan tehnik simple random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner tentang bentuk layanan homecare dan kasus penyakit pasien, kemudian dilakukan analisis multivariat dengan uji regresi linear.

Hasil penelitian menunjukkkan bentuk layanan homecare berurutan sebagai berikut Perawatan 91 responden, pengobatan 54 respoden, konsultasi kesehatan 22 respoden, dan Fisoterapi 5 responden dari semua kasus penyakit yang dialami oleh pasien.

Bentuk layanan homecare dapat disimpulkan bahwa pelayanan keperawatan oleh tenaga perawat, pengobatan oleh dokter, konsultai kesehatan dan fisioterapi merupakan perpaduan yang harmonis untuk mewuudan pelayana homecare yang baik dan servis yang memuasakan bagi masyarakat, sehingga kesehatan ditengah masyarakat bisa terwujud.

Published
2021-06-30