HUBUNGAN PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI PELAKSANAAN SADARI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA MAHASISWI

THE ROLE OF PEER GROUP THE MOTIVATION OF IMPLEMENTATION OF BREAST DETECTION OF BREAST CANCER IN STUDENT

Authors

  • Enur Nurhayati Muchsin STIKES Karya Husada Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53599/jip.v3i1.75

Keywords:

Peran, Motivasi, Palaksanaan SADARI, Role, Motivation, Implementation of SADARI

Abstract

Abstrak : Teman sebaya mempunyai kesamaan berpikir dan terikat bersama menjadikan seseorang lebih dekat dengan teman sebaya akan berpengaruh dalam menjaga kesehatan salah satunya yaitu dengan cara mencegah kanker payudara. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker payudara ini adalah dengan melakukan SADARI. SADARI dapat dilakukan oleh siapapun termasuk oleh remaja putri, sehingga menjadikan motivasi dari luar dirinya untuk meningkatkan kepadulian terhadap kesehatannya.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Motivasi Pelaksanaan SADARI Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Mahasiswi.

Rancangan penelitian dengan metode analitik korelasi dengan metode pendekatan crossectional. Variabel penelitian meliputi dependent Peran Teman Sebaya, dan variabel independet Motivasi Pelaksanaan SADARI.  Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswi d3 keperawatan STIKES karya Husada Kediri pada tanggal 3 sampai 16 Juni 2020 sebanyak 176 orang.Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah dientukan oleh peneliti dan besar sampel didapatkan sebanyak 122 orang.Data diambil dengan cara memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada responden cara pengisisan kuesioner , instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data dengan cross tabulation dengan uji spearman rho, tingkat kemaknaan α <0,05.

Hasil uji dengan rumus rho spearman melalui uji manual yang didapatkan Rho hitung 0,005 dan Rho tabel untuk taraf kesalahan 5% adalah 0,953 jadi Rho hitung > Rho tabel, H1 diterima, berarti  ada Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Motivasi Pelaksanaan SADARI. Seorang remaja perlu memiliki teman sebaya sebagai komunikator dan motivator dalam melaksanakan SADARI yang memberikan motivasi pada seorang remaja dengan menggunakan cara dan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka, untuk dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Abstract : Peers have the right to think and bond with peers which will affect in maintaining health, one of it is by preventing breast cancer. One of the means that can be done to monitor breast cancer is to do BSE. BSE can be carried out by organizations including teenagers, thus making motivation from outside of themselves to increase awareness of their health. The purpose of this study was to see the relationship between the role of peers and the motivation for implementing BSE in the Early Detection of Breast Cancer in Students. The research design used the analytical method with a cross-sectional oncoming method. The research variables included the dependent role of peers and independent variables of the motivation of BSE implementation. The study population was all 176 students of STIKES D3 (Diploma) nursing programme STIKES on 3rd June to 16th June 2020. Samples were taken by purposive sampling technique with inclusion and exclusion criteria that have been determined by the researcher and the sample size was 122 people. The data is collected by giving an explanation to the respondent in advance of how to fill out the questionnaire. The research instrument was a questionnaire. Data analysis uses cross tabulation with Spearman rho test, the level of significance α <0.05.The test results with the spearman rho formula through manual tests obtained Rho count 0.005 and Rho table for a 5% error level is 0.953 then Rho count> Rho table, H1 is accepted, meaning there is a relationship between peer roles and the motivation to implement BSE. Teenagers need to have peers as a communicators and motivators in implementing BSE, motivating a teenager by using methods and language that are easy for them to understand, so that it can be implemented in daily life.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Enur Nurhayati Muchsin, STIKES Karya Husada Kediri

saya Dosen  Tetap D3 Keperawatan STIKES Karya Husada Kediri, lulus S2 KIA-KR di Universitas Gadjah Mada tahun 2008, Bekerja di Prodi D3 Keperawatan STIKES Karya Husada sudah 21 tahun, Mata Kuliah khusuhusan yang di ampuh adalah keperawatan Maternitas

Downloads

Published

30-06-2021