ASPEK PSIKOLOGI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN CAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA VOKASI

PSYCHOLOGICAL ASPECTS OF ONLINE LEARNING WITH THE VOCATIONAL STUDENT’S GRADE POINT AVERAGE

Authors

  • Nurul Laili STIKES Karya Husada Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.67

Keywords:

Aspek Psikologi, Indeks Prestasi Kumulatif, Pembelajaran Daring, Psychological aspects, Grade Point Average, Online learning

Abstract

Abstrak : Perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran karena adanya pandemi, berdampak pada aspek psikologi mahasiswa. Faktor yang mempengaruhi aspek psikologi dalam pembelajaran yaitu intelegensi, lingkungan belajar dan metode pembelajaran. Metode pembelajaran daring memerlukan adaptasi dengan pola kebiasaan dan penggunaan tehnologi. Pembelajaran mandiri, tidak langsung dan penugasan yang banyak, memberikan efek psikologi dengan berbagai macam keluhan fisik dan mental. Evaluasi pembelajaran daring melalui hasil pemahaman (kognitif) dan afektif dengan mengacu pada indeks prestasi kumulatif yang di dapatkan mahasiswa selama pembelajaran daring.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan aspek psikologi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 dengan capaian Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa vokasi.

Desain penelitian menggunakan deskriptif cros sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi D3 Keperawatan STIKES Karya Husada Semester 2. Teknik pengambilan data Total Sampling. Jumlah sampel 71 responden. Variabel independent yaitu aspek psikologi mahasiswa vokasi menghadapi pembelajaran daring dan variable dependent adalah capaian Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa. Pengukuran aspek psikologi menggunakan instrument skala resiliensi aspek psikologi dan Indeks Prestasi Kumulatif menggunakan penilaian acuan normatif. Jenis uji yang digunakan adalah Uji Chi Square dengan nilai p <0,005.

Sebagian besar responden (59,15 %) mempunyai aspek psikologi positif saat pembelajaran daring dan mempunyai capaian IPK sangat memuaskan (56,34 %). Hasil uji korelasi nilai menunjukkan significancy 0,000 maka ada hubungan antara aspek psikologis pembelajaran daring dengan capaian Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa vokasi.

Kondisi pembelajaran yang memberikan implikasi pada respon individu memperlihatkan pendidikan sebagai institusi mampu menyiapkan mahasiswa menghadapi pembelajaran daring dengan baik. Kondisi yang dapat menunjang proses pembelajaran, fasilitator, perangkat akademik dan metode pembelajaran yang cukup bervariatif, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengikuti setiap proses pembelajaran. Target kompetensi yang diusahakan tetap optimal, meskipun tidak ideal akan sangat membantu mahasiswa mencapai hasil pembelajaran yang baik.

Kesimpulan penelitian capaian hasil belajar dapat dipengaruhi oleh minat, motivasi, kemampuan kognitif kemampuan membagi waktu, hubungan dengan keluarga, penjelasan dosen dan suasana tempat tinggal, kondisi sosial dan kemampuan individu dalam beradaptasi dengan kondisi pembelajaran.

Abstract : Changes that occur in the learning process due to the pandemic have an impact on the psychological aspects of students. Factors that influence the psychological aspects of learning are intelligence, learning environment and learning methods. Online learning methods require adaptation to habitual patterns and use of technology. Independent learning, indirect and multiple assignments, give psychological effects with a variety of physical and mental complaints. Evaluation of online learning through comprehension (cognitive) and affective results with reference to the cumulative grade point average obtained by students during online learning. The research objective was to determine the relationship between the psychological aspects of online learning (during the Covid-19 pandemic with the achievement of the Grade Point Average of vocational students.

The research design used a descriptive cross sectional. The population in the study were all Diploma Nursing students of STIKES Karya Husada Semester 2. Data collection techniques were Total Sampling. The samples is 71 respondents. The independent variable is psychological aspect of vocational students facing online learning and the dependent variable is the achievement of the student's Grade Point Average. The measurement of psychological aspects uses a scale instrument of psychological aspects of resilience and the Grade Point Average uses a normative reference assessment. The type of test used is the Chi Square test with p value <0.005.

Most of the respondents (59.15%) had a positive psychological aspect when learning online and had a very satisfying GPA (56.34%). The result of the value correlation test shows a significance of 0.000, so there is a relationship between the psychological aspects of online learning and the achievement of the Grade Point Average of vocational students.

Learning conditions that have implications for individual responses show that education as an institution is able to prepare students for online learning well. Conditions that can support the learning process, facilitators, academic tools and learning methods are quite varied, increasing the ability of students to follow each learning process. The competency target that is sought is still optimal, although not ideal, it will greatly help students achieve good learning outcomes.

The conclusion of this research is that learning outcomes can be influenced by interest, motivation, cognitive abilities, ability to share time, relationships with family, lecturers' explanations and living conditions, social conditions and individual ability to adapt to learning conditions.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-12-2020