LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
LITERATURE REVIEW: THE RELATIONSHIP BETWEEN NURSES' PERFORMANCE AND INPATIENT SATISFACTION IN HOSPITALS
DOI:
https://doi.org/10.53599/jip.v7i1.346Keywords:
kinerja, kinerja perawat, kepuasan pasien, perawatAbstract
Abstrak
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam menilai mutu pelayanan kesehatan dan mencerminkan efektivitas pelayanan yang diberikan. Sebagai profesi yang paling sering melakukan kontak dengan pasien, kinerja perawat memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Tinjauan literatur menggunakan metode naratif. Artikel penelitian diperoleh dari Google Scholar dan Portal Garuda. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah kinerja perawat, kepuasan pasien, dan rawat inap. Terdapat 10.700 artikel yang terkait dengan kata kunci yang telah disebutkan. Setelah dilakukan seleksi artikel bedasarkan waktu, full text dan tema yang dibuat penulis, didapatkan 10 artikel dengan tema dan kriteria yang sesuai. Bedasarkan 10 artikel yang ditemukan, 9 artikel menyatakan bahwa kinerja perawat dalam memberikan pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap dan 1 artikel menyatakan bahwa kepuasan pasien pada ruang rawat inap tidak dipengaruhi oleh kinerja perawat melainkan faktor lain seperti faktor kebersihan dan kenyamanan ruang rawat inap, ketersediaan dan kebersihan alat kesehatan, penampilan petugas kesehatan yang rapi serta pelayanan profesi lain dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di rawat inap. Oleh karena itu penting untuk melakukan pengukuran kinerja perawat dan kepuasan pasien secara berkala dan mengevaluasinya.
Abstract
Patient satisfaction is one of the main indicators in assessing the quality of health services and reflects the effectiveness of the services provided. As a profession that most frequently makes contact with patients, the performance of nurses plays an important role in improving patient satisfaction and the overall quality of health services. The purpose of this literature review is to find out the relationship between nurses’ performance and inpatient satisfaction in hospitals. The literature review uses a narrative method. Research articles were obtained from Google Scholar and the Garuda Portal. The keywords used in the search were nurses’ performance, patient satisfaction, and inpatient care. There were 10,700 articles related to the mentioned keywords. After selecting the articles based on publication time, full text, and the theme made by the author, 10 articles were found that matched the theme and criteria. Based on the 10 articles found, 9 articles stated that nurses’ performance in providing services affects the level of patient satisfaction in inpatient wards, and 1 article stated that patient satisfaction in inpatient wards is not influenced by nurses’ performance but by other factors such as the cleanliness and comfort of the inpatient room, the availability and cleanliness of medical equipment, the neat appearance of health workers, and services from other professional roles which can influence the level of patient satisfaction in inpatient care. Therefore, it is important to regularly measure and evaluate nurse performance and patient satisfaction.
Downloads
References
Arifin, Tohri, & Fauzan. (2024). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Oto Iskandar Dinata. Jurnal Online Keperawatan Rajawali, 2(1), 16–20.
Cahyono, A. D. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Christiani, A. M., Swarjana, I. K., Wahyuningsih, L. G. N. S., & Sriasih, N. K. (2024). Determinan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pemerintah Dan Rumah Sakit Swasta. Urnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(2), 547.
Dede Sri Mulyana, & Arisman Vebtinus Ndruru. (2020). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Rawat Inap Di Kelas I II II. Jurnal Antara Keperawatan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.37063/antaraperawat.v2i3.110
Dhinta, F. C., Wasis, B., & C. Sri, H. (2022). Analisis Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pelatihan Terhadap Mutu Pelayanan Dan Kinerja Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Islam (Rsi) Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(2), 151–162. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.216
Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10–17.
Kusumawati, L. P. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS TK. IV Singaraja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit, 17(1), 117–131.
Lisna, Syafar, M., & Rifai, M. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Lapai Kabupaten Kolaka Utara. NERSMID : Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 5(1), 14–27. https://doi.org/10.55173/nersmid.v5i1.100
Mustari, A. C., Tosepu, R., & Kusnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di BLUD Rumah Sakit Kabupaten Konawe. Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat (JKKM), 1(3), 123–134.
Nyorong, M., Simanjorang, A., & Jauhari, J. (2021). Factors Affecting Nurse Performance at Datu Beru Takengon General Hospital. Journal La Medihealtico, 2(6), 57–66. https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v2i6.403
Rahayu, M., Mudmainah, & Eka, G. S. (2024). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik TB Paru Puskesmas Bihbul Kecamatan Margahayu Bandung. Jurnal Kesehatan Rajawali, 14(1), 38–41. http://ojs.rajawali.ac.id/index.php/JKR
Rismiyanto, R., Marchamah, D. N. S., & Arumsari, W. (2024). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Health Community, 5(1), 35. https://doi.org/10.31331/ijheco.v5i1.3299
Saputra, A., Fitri, K., & Novrianti, D. P. (2024). The Relationship Between Nurse Performance and Inpatient Satisfaction in Regional Hospitals, Madani Pekanbaru City. West Science Interdisciplinary Studies, 02(02), 319–329. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i02.581
Sinulingga, W. B., & Malinti, E. (2021). Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Pencegahan Infeksi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(4), 819–828.
Susiloningtyas, L., Cahyono, A. D., & Wiseno, B. (2022). Kualitas Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Kesehatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kesehatan Di Rsud Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang, 4(2), 35–47. https://doi.org/10.53599/jip.v4i2.97
Try, V., Rasmun, & Abdul, K. (2023). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i2.65
Valencia, C., Wijaya, J. A., Meiden, C., Bisnis, I., & Kian, K. (2022). Studi Literatur: Analisis Pengaruh Laporan Arus Kas terhadap Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7484–7496.
Wulandari, I. I., Erlinengsih, & Anne. (2024). Hubungan Kinerja Perawat Rawat Inap dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi Tahun 2024. Journal of Public Administration, 3(1), 18–23.
Yulianti, C., Zulfa, & Putra, A. S. (2025). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2024. Journal of Public Administration and Management Studies, 3(1), 12–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pamenang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.