PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN (CTMS) PADA ANAK KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI MIN 2 SITUBONDO DAN SDN 1 TRIGONCO
THE INFLUENCE OF HEALTH EDUCATION USING ANIMATED VIDEO MEDIA ON KNOWLEDGE, SKILLS AND BEHAVIOR OF WASHING HANDS WITH SOAP (CTMS) IN CLASS 1 PRIMARY SCHOOLS AT MIN 2 SITUBONDO AND SDN 1 TRIGONCO
DOI:
https://doi.org/10.53599/jip.v7i1.312Keywords:
Edukasi Kesehatan, Cuci Tangan Dengan Sabun, Pengetahuan, Keterampilan, Perilaku, Media VideoAbstract
Abstrak
Latar Belakang: Mencuci tangan menggunakan sabun merupakan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit yang menjadi program perilaku hidup bersih dan sehat. Tangan yang bersih akan mencegah berbagai penularan penyakit seperti diare, tipoid, hepatitis dan berbagai penyakit infeksi dan penyakit menular lainnya. Cuci tangan sering dianggap sebagai hal yang sepele di masyarakat, terutama pada anak-anak usia sekolah yang mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perlunya cuci tangan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kementerian Kesehatan RI, populasi anak di Indonesia rentan terjangkit penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, diare, kecacingan, dan jenis infeksi lainnya. Di mana salah satu langkah yang efektif untuk mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit yaitu dengan mempraktikkan cuci tangan menggunakan sabun (CTMS) dengan baik dan benar. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mencuci tangan menggunakan sabun pada anak kelas 1 sekolah dasar di MIN 2 Situbondo dan SDN 1 Trigonco. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan rancangan one-group pre-post test design dengan teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan uji Wicoxon dan uji MC Nemar. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,00 > α 0,05, yang artinya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan media video animasi. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mencuci tangan menggunakan sabun pada anak kelas 1 sekolah dasar di MIN 2 Situbondo dan SDN 1 Trigonco.
Abstract
Background: Washing hands with soap is an action to prevent and control disease which is part of a clean and healthy living behavior program. Clean hands will prevent the transmission of various diseases such as diarrhea, typhoid, hepatitis and various other infectious and infectious diseases. Washing hands is often considered a trivial matter in society, especially among school-aged children who have the habit of paying little attention to the need to wash hands in everyday life, based on data collected by the Indonesian Ministry of Health. The child population in Indonesia is vulnerable to contracting disease. One of the effective steps to prevent and control the emergence of disease is by practicing CTMS properly and correctly. Objective: to find out whether there is an effect of health education using animated video media on the knowledge, skills and behavior of washing hands with soap in grade 1 elementary school children at MIN 2 Situbondo and SDN 1 Trigonco. Method: This research used a pre-experimental design with a one-group pre-post test design with a total of 66 respondents. Data analysis was carried out using the Wicoxon test and MC Nemar test. Results: The research results show a value of p = 0.00 > α 0.05, which means there is a significant difference in the level of knowledge, skills and behavior of students before and after being given health education using animated video media. Conclusion: Thus, there is an influence of health education using animated video media on the knowledge, skills and behavior of washing hands with soap in grade 1 elementary school children at MIN 2 Situbondo and SDN 1 Trigonco.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Pamenang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.