HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM PERHITUNGAN FARMASI DI STIKES IKIFA

THE RELATIONSHIP OF SELF-CONFIDENCE WITH STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PHARMACEUTICAL CALCULATIONS AT STIKES IKIFA

Authors

  • Farida Tuahuns Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
  • Alifa Sabrina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
  • Fitri Savitri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA

DOI:

https://doi.org/10.53599/jip.v6i2.256

Keywords:

kepercayaan diri, mahasiswa, farmasi, hasil belajar, pharmacy

Abstract

Abstrak

Rasa percaya diri mempengaruhi perkembangan remaja dalam membentuk identitas diri. Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan meningkatkan kompetensi diri. Perhitungan farmasi sangat penting karena digunakan untuk pembuatan sediaan farmasi sehingga perlu kepercayaan diri. Berdasarkan nilai UTS mata kuliah Matematika Tahun Akademik 2023/2024 didapatkan 90,1% mahasiswa memiliki nilai dibawah 70. Selain itu, beberapa mahasiswa menunjukkan keraguan ketika menjawab pertanyaan dan mengungkapkan keraguan mereka terkait perhitungan tanpa kalkulator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar mahasiswa dalam perhitungan farmasi di STIKes IKIFA. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan variabel bebas adalah kepercayaan diri dan hasil belajar dalam perhitungan farmasi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat I dimana sampelnya adalah mahasiswa kelas 1A sejumlah 33 orang yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dari 4 kelas. Mahasiswa diberikan kuesioner untuk mengukur kepercayaan diri yang telah diuji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengukuran hasil belajar menggunakan instrument tes. Untuk melihat hubungan antara kepercayaan diri dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pearson correlation diperoleh nilai sig = 0.000 < 0.05, dengan nilai sebesar 0,634 yang bermakna terdapat hubungan positif yang cukup berarti antara kepercayaan diri terhadap perhitungan farmasi. Simpulan dari hasil penelitian untuk skor kepercayaan diri terbanyak berada pada rentang skor 31–34 yang termasuk dalam kategori tingkat kepercayaan diri tinggi. Hasil belajar menunjukan bahwa nilai terbanyak berada pada rentang 58-63, dimana hanya terdapat 3 mahasiswa yang mendapatkan nilai ≥70. Perlu adanya pemberian latihan soal untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam perhitungan farmasi tanpa menggunakan kalkulator.

Abstract  

Confidence plays a crucial role in the development of adolescents as they form their own identity. One way to boost confidence is by enhancing self-competence, especially in pharmaceutical calculations, which are essential to produce pharmaceutical preparations. According to the UTS scores for the Mathematics course in the 2023/2024 Academic Year, 90.1% of students scored below 70. Some students also expressed doubts when answering questions and struggled with calculations without a calculator. This study aims to investigate the relationship between self-confidence and student learning outcomes in pharmacy calculations at STIKes IKIFA. The study utilized a quantitative method with confidence as the independent variable and learning outcomes in pharmaceutical calculations as the dependent variable. The study population consisted of all first-year students, with a sample of 33 students from class 1A selected using cluster random sampling. Students completed a questionnaire to assess confidence, which was tested for validity and reliability, and test instruments were used to measure learning outcomes. The Pearson correlation analysis revealed a significant positive relationship (sig value = 0.000 < 0.05, correlation value = 0.634) between confidence and student learning outcomes in pharmaceutical calculations. The study concluded that students with the highest confidence scores (31–34) exhibited a high level of confidence. However, learning outcomes indicated that only 3 students scored ≥70, with the highest scores falling in the range of 58-63. To enhance students' confidence in pharmaceutical calculations without a calculator, providing practice questions is recommended.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

24-12-2024