HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KEMANDIRIAN FISIK ANAK USIA PRA SEKOLAH (4-6 TAHUN)
THE RELATIONSHIP OF PARENTING PATTERNS WITH THE PHYSICAL INDEPENDENCE OF PRESCHOOL AGE CHILDREN (4-6 YEARS)
DOI:
https://doi.org/10.53599/jip.v6i1.224Keywords:
pola asuh, kemandirian fisik, anak usia prasekolah, Parenting style, physical independence, preschool age childrenAbstract
Abstrak
Kemandirian fisik seorang anak adalah kemampuan anak dalam hal mengatur dirinya sendiri tanpa campur tangan atau ketergantunagn dengan orang lain. Pola asuh orang tua didalam keluarga sangat mempengaruhi kemandirian seorang anak. Pemberian pola asuh yang tepat pada anak akan mempengaruhi kesuksesan anak dalam tumbuh kembangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pola asuh dan tingkat kemandirian fisik anak usia pra sekolah (4-6 tahun) di TKIT Ummahat Grogol Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 responden. Siswa di TKIT Ummahat Grogol Sukoharjo dengan menggunakan tehnik total sampling. Metode pangumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square dengan nilai signifikan 0,05 diperoleh nilai p-value sebesar = 0,000 yang berarti bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap tingkat kemandirian anak secara fisik pada usia prasekolah, dengan keeratan hubungan sebesar 0,607 dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa orang tua paling banyak menerapakan pola asuh jenis permisif sebanyak 37,5%. Tingkat kemandirian rata- rata responden dalam kategori kurang mandiri sebanyak 57,5%.
Kesimpulan : terdapat hubungan pola asuh dengan kemandirian anak usia prasekolah (4-6 tahun) selanjutnya orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat pada anaknya sehingga dapat meningkatkan kemandirian fisik anak sesuai tumbuh kembangnya.
Abstract
A child's physical independence is the child's ability to regulate himself without interference or dependence on other people. The parenting style of parents in the family greatly influences a child's independence. Providing the right parenting style to children will influence the child's success in their growth and development. The aim of this research is to analyze the relationship between parenting styles and the level of physical independence of pre-school age children (4-6 years) at TKIT Ummahat Grogol Sukoharjo.
This type of research is descriptive correlation research with a cross sectional approach. The number of samples in this research was 45 respondents. Students at TKIT Ummahat Grogol Sukoharjo using total sampling techniques. The data collection method uses a questionnaire with a Likert scale. The statistical test used was Chi-Square with a significant value of 0.05, with a p-value of = 0.000, which means that there is a relationship between parenting patterns and the level of physical independence of children at preschool age, with a close relationship of 0.607 in the strong category. Based on the research results, data was obtained that parents mostly applied a permissive type of parenting at 37.5%. The average level of independence of respondents in the less independent category was 57.5%.
Conclusion: there is a relationship between parenting styles and the independence of preschool age children (4-6 years). Furthermore, parents need to apply appropriate parenting patterns to their children so that they can increase the child's physical independence according to their growth and development.
Downloads
References
Afiyah, A. (2021) ‘Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Siswa’, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), pp. 106–108.
Baiti, N. (2020) ‘Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak’, JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), p. 44. doi: 10.18592/jea.v6i1.3590.
Damayanti, W. and Ramdani, M. F. (2018) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-6 Tahun di Wilayah Kampung Kelapa RW 03 Legok Kabupaten Tangerang’, Jurnal IMJ: Indonesia Midwifery Journal, 2(1), pp. 44–52. Available at: [email protected].
Diana, W. (2019) ‘Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. (Di Paud Harapan Bunda Surabaya)’, J-Hestech (Journal Of Health Educational Science And Technology), 2(1), p. 51. doi: 10.25139/htc.v2i1.1660.
Ernawati Harahap, E. H. and Supriyadi, S. (2021) ‘Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), pp. 37–48. doi: 10.37012/jipmht.v5i2.755.
Iwo, A., Sukmandari, N. M. A. and Prihandini, C. W. (2021) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II’, Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), p. 1. doi: 10.32807/jkt.v3i1.92.
Jeong, J. et al. (2021) Parenting interventions to promote early child development in the first three years of life: A global systematic review and meta-analysis, PLoS Medicine. doi: 10.1371/journal.pmed.1003602.
Karina Esti Pratiwi, Haniarti and Usman (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Sd Negeri 38 Kota Parepare’, Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(1), pp. 31–42. doi: 10.31850/makes.v3i1.288.
Khoirul, F. et al. (2022) ‘Tahun 2022 Tahun 2022’, Malahayati Nursng Journal, 4(31601900074), pp. 43–62.
Kundre, R. and Bataha, Y. (2019) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua Bekerja Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4 - 5 Tahun) Di Tk Gmim Bukit Moria Malalayang’, Jurnal Keperawatan, 7(1), pp. 1–9. doi: 10.35790/jkp.v7i1.25202.
Lestari, M. (2019) ‘Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak’, Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), pp. 84–90. doi: 10.21831/jpa.v8i1.26777.
Madigan, S. et al. (2019) ‘Parenting behavior and child language: A Meta-analysis’, Pediatrics, 144(4). doi: 10.1542/peds.2018-3556.
Nurfitri, T. (2021) ‘Pola Asuh Demokratis Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak’, Jurnal Tunas Siliwangi, 7(1), pp. 2581–0413.
Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi’ and Fauziah, P. (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini’, PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), pp. 81–92.
Puspita Sari, C. W. (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), pp. 76–80. doi: 10.31004/jpdk.v1i2.597.
Safitri Hutami and Sobarna, A. (2022) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di RA X’, Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), pp. 124–129. doi: 10.29313/jrpgp.v1i2.534.
Salafuddin, S. et al. (2020) ‘Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah)’, JPAI: Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia, 2(1), p. 18. doi: 10.35801/jpai.2.1.2020.28276.
Saputra, F. W. and Yani, M. T. (2020) ‘Pola Asuh Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak’, Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), pp. 1037–1051.
Sari, M. and Rahmi, N. (2017) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua pada Anak Balita di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh’, Journal of Healthcare Technology and Medicine, 3(1), p. 94. doi: 10.33143/jhtm.v3i1.262.
Zen, D. N. and Mulyani, H. (2021) ‘Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Perumahan Graha Budiasih Asri Dusun Budiasih Desa Cibenda Kecamatan Parigi Pangandaran Tahun 2021’, Jurnal Keperawatan Galuh, 3(2), p. 41. doi: 10.25157/jkg.v3i2.5693.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pamenang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.