STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT

Literature Study Of Service Quality Towards Patients Satisfaction In Hospitals

Authors

  • Aris Dwi Cahyono Aqil Stikes Pamenang

DOI:

https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit, Service Quality, Patient Satisfaction, Hospital

Abstract

Abstrak : Studi kepustakaan ini bertujuan untuk menyusun dan mendeskripsikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar reviewer. Hasil studi ini adalah menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan rumah sakit yang diberikan kepada pasien maka secara signifikan dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit. Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan. Pelayanan adalah semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan.

Abstract : This literature study aims to compile and describe the quality of service to the satisfaction of outpatients in hospitals. The method used was library research. Data collection method used was the documentation method. The data analysis technique used was content analysis. To maintain the accuracy of the assessment and prevent misinformation in data analysis, it was checked between libraries and reread the literature and took into account reviewers' comments. The results of this study indicate that the better the quality of hospital services provided to patients, can significantly increase the satisfaction of outpatients in hospitals. Patient satisfaction depends on the quality of service. Services are all efforts made by employees to meet the desires of their customers with the services to be provided. Customer satisfaction is a full evaluation where the alternative chosen at least gives the same or exceeds customer expectations, while dissatisfaction arises if the results obtained do not meet customer expectations.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-12-2020