FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP SIKAP PENERIMAAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE FORM PADA TRY OUT UJI KOMPETENSI

FACTORS AFFECTING THE ATTITUDE OF STUDENT ACCEPTANCE IN THE USING OF GOOGLE FORM MEDIA FOR TRY OUT COMPETENCE TEST

Authors

  • anas tamsuri STIKES Pamenang
  • Suryono Suryono STIKES Pamenang

DOI:

https://doi.org/10.53599/jip.v2i1.47

Keywords:

Try Out, Google Form, Uji Kompetensi, Competence test

Abstract

Abstrak : Kegiatan Try Out merupakan salah satu upaya penyiapan mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi. Dalam situasi Pandemi akibat Wabah Covid 19 maka bentuk ujian diselenggarakan secara online sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial. Salah satu metode yang digunakan untuk ujian online adalah dengan media Google Form. Penggunaan media ini merupakan hal baru dan belum pernah diketahui bagaimana penerimaan mahasiswa terhadap media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap sikap penerimaan mahasiswa dalam penggunaan media Google Form pada Try Out uji kompetensi di Stikes Pamenang Tahun 2020. Desain penelitian adalah cross sectional. Teknik samping yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 43 responden. Variabel penelitian ini meliputi variabel dependen yaitu Sikap Penerimaan, variabel independent yaitu tipe perangkat, tipe jaringan dan pengalaman, serta variabel antara (intervening) yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kendala. Data diambil dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form dan dianalisis dengan Regresi Logistis dengan a=0,05. Hasil penelitian menunjukkan 16 responden (37%)  tidak setuju dengan penggunaan Google Form. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel tipe perangkat tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,750), tipe jaringan tidak berpengaruh persepsi kemudahan (Sig. 0,650), pengalaman tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0567). Variabel tipe perangkat tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,285), tipe jaringan tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,847), sedangkan pengalaman berpengaruh terhadap persepsi kendala (Sig. 0,016) dengan odd ratio 5,22. Penelitian ini juga mendapati bahwa faktor persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap penerimaan penggunaan Google Form sebagai media ujian Try Out (Sig. 0,489), dan begitu juga didapaktan bahwa persepsi kendala tidak berpengaruh terhadap sikap penerimaan penggunaan Google Form sebagai media ujian Try Out (Sig. 0,976).  Dari hasil penelitian maka disarankan dikembangkan penelitian lebih lanjut tentang faktor lain yang berpengaruh terhadap penerimaan penggunaan Google Form sebagai metode test.

 

ABSTRACT : Try Out activity is an effort to prepare students in facing the competency test. In a Pandemic situation due to the Covid 19 Outbreak, the form of exams was held online in accordance with government policy on social distancing. One method used for online exams is the Google Form media. The use of this media is new and it has never been known how the acceptance of students towards the media. The purpose of this study is to determine the factors that influence the attitude of acceptance of students in the use of Google Form media on the Try Out competency test at Pamenang School of Health in 2020. The study design was cross sectional. The sampling technique used was simple random sampling with sample size of 43 respondents. The variables of this study included the dependent variable: Attitide of Acceptance toward Google Form using as media of Try Out and the independent variable included : the type of device, the type of network, and experience; and the intervening variable, namely the perception of ease and perception of constraints. Data was collected using a questionnaire distributed via Google Form and analyzed with Logistic Regression with a = 0.05. The results showed 16 respondents (37%) did not agree with the use of Google Form. The results also showed that the type of device did not affect the perception of convenience (Sig. 0.750), the type of network did not affect the perception of ease (Sig. 0.650), experience did not affect the perception of ease (Sig. 0567). The type of device variable did not affect the perception of convenience (Sig. 0.285), the type of network did not affect the perception of ease (Sig. 0.847), while experience affect the perception of constraints (Sig. 0.016) with an odd ratio of 5.22. This study also found that the perceived ease factor did not affect the attitude of accepting the use of Google Form as a Try Out test media (Sig. 0.489), and likewise it was found that the perception of constraints had no effect on the attitude of accepting the use of Google Form as a Try Out test media (Sig. .976). From the results of the study it is recommended that further research be developed about other factors that influence the acceptance of using Google Form as a test method.

Kegiatan Try Out merupakan salah satu upaya penyiapan mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi. Dalam situasi Pandemi akibat Wabah Covid 19 maka bentuk ujian diselenggarakan secara online sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial. Salah satu metode yang digunakan untuk ujian online adalah dengan media Google Form. Penggunaan media ini merupakan hal baru dan belum pernah diketahui bagaimana penerimaan mahasiswa terhadap media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap sikap penerimaan mahasiswa dalam penggunaan media Google Form pada Try Out uji kompetensi di Stikes Pamenang Tahun 2020. Desain penelitian adalah cross sectional. Teknik samping yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 43 responden. Variabel penelitian ini meliputi variabel dependen yaitu Sikap Penerimaan, variabel independent yaitu tipe perangkat, tipe jaringan dan pengalaman, serta variabel antara (intervening) yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kendala. Data diambil dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form dan dianalisis dengan Regresi Logistis dengan a=0,05. Hasil penelitian menunjukkan 16 responden (37%)  tidak setuju dengan penggunaan Google Form. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel tipe perangkat tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,750), tipe jaringan tidak berpengaruh persepsi kemudahan (Sig. 0,650), pengalaman tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0567). Variabel tipe perangkat tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,285), tipe jaringan tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (Sig. 0,847), sedangkan pengalaman berpengaruh terhadap persepsi kendala (Sig. 0,016) dengan odd ratio 5,22. Penelitian ini juga mendapati bahwa faktor persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap penerimaan penggunaan Google Form sebagai media ujian Try Out (Sig. 0,489), dan begitu juga didapaktan bahwa persepsi kendala tidak berpengaruh terhadap sikap penerimaan penggunaan Google Form sebagai media ujian Try Out (Sig. 0,976).  Dari hasil penelitian maka disarankan dikembangkan penelitian lebih lanjut tentang faktor lain yang berpengaruh terhadap penerimaan penggunaan Google Form sebagai metode test.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-06-2020